Tips Desain Mushola Minimalis di Dalam Rumah

Tip Dekorasi Kamar Tidur Anak Cewek
November 19, 2019

Tips Desain Mushola Minimalis di Dalam Rumah

Tips Desain Mushola Minimalis di Dalam Rumah

Tips Desain Mushola Minimalis di Dalam Rumah – Memiliki rumah adalah impian banyak orang. Terlebih lagi apabila rumah tersebut memiliki ruangan yang cukup banyak dan bisa dimaksimalkan fungsinya. Biasanya bagi umat islam suka membuat suatu musola keluarga di dalam rumah, meskipun ukurannya kecil.

Adanya mushola di dalam rumah akan menjadikan suasana di dalam rumah menjadi lebih tenang. Didalam rumah yang minimalis pun saat ini bisa di bangun mushola kecil untuk sarana ibadah bersama keluarga. Tentu karena manfaatnya untuk tempat beribadah yang selalu digunakan karena ibadah yang dijalankan adalah solat 5 waktu.

Meskipun minimalis, tetapi konsep ini bisa menampilkan kesan yang modern tetapi juga indah. Jika anda memperhatikan, sekarang mushola pun sudah mulai mengikuti perkembangan dengan menggunakan model yang minimalis. Berikut ini ada beberapa Tips Desain Mushola Minimalis di Dalam Rumah :

  1. Penempatan Mushola Keluarga

Tentukanlah anda ingin menempatkan mushola di bagian yang tepat di dalam rumah. Karena ini digunakan untuk sholat ama pilih posisi yang memberikan kenyaman dan khusukan. Alangkah baiknya rang musholla ini mendapatkan pencahayaan alami, selain hemat energi listrik juga akan mengurangi kelembaban ruangan. Siapkan pula ventilasi yang baik sehingga  Udara dapat keluar masuk dengan lancar agar ruangan tidak pengap, sehingga nyaman untuk digunakan sebagai tempat sholat keluarga.

  1. Ukuran Luas Ruangan Mushola

Untuk luas ukuran mushola ditentukan oleh luas rumah. Jika lahan anda luas tentu dapat membuat mushola yang lebi luas. Namun jangan khawatir biasanya  paling mudah adalah dengan menggunakan ukuran sajadah orang dewasa. Pada umunya panjang sajadah orang dewasa adalah 110 cm – 120 cm, sedangkan lebarnya antara 50 cm sampai dengan 70 cm. Sebaiknya antara shaf di beri jarak 10 cm dengan sajadah sebelahnya. Dengan cara ini memudahkan anda dalam menentukan dan desain mushola minimalis di dalam rumah.

  1. Arah Mushola Keluarga

Ruangan sholat tidak harus selalu menghadap ke kiblat namun yang terpenting adalah posisi anda dalam melakukan ibadah.

  1. Lantai, Dinding, Dan Atap Mushola Keluarga

Lantai mushola lebih bagus jika  lebih tinggi daripada lantai yang lain, terutama dengan lantai tempat wudu dan juga lantai kamar mandi/WC yang berada disekitarnya. Ukuran dari ketinggian lantai mushola yang dapat anda terapkan adalah setinggi 20 cm – 50 cm. Dinding sebaiknya menggunakan warna yang nyaman untuk mata. Dinding dan atapnya usahakan berukuran tinggi agar mushola mempunyai kesan luas dan lapang. Lantai, karpet, sajadah, serta alas sholat lainnya selalu dalam keadaan kering agar tidak bau.

  1. Dekorasi Ruang Mushola

Sebaiknya tidak perlu menggunakan dekorasi dinding yang berlebihan , cukup tempelkan ornament kaligrafi simple seperti tulisan Alloh dan Muhammad, atau bisa juga anda memasang foto ka’bah.

  1. Tempat Wudhu Dan Kamar Mandi

Ruang sholat Idealnya mempunyai tempat wudu dan kamar mandi/WC. SebaiKnya tempa widhu dibuat dekat dengan mushola, namun jangan sampai mushola terkena cipratan air, apalagi dekat dengan WC, sebaiknya mushola dan tempat wudhunya dibuat  jangan terlalu dekat dengan wc. Hal ini harus memjadi perhatian yang serius agar najis tidak berpindah dari kamar mandi/WC ke dalam ruang sholat.

Demikianlah tadi diantaranya beberapa Tips Desain Mushola Minimalis di Dalam Rumah yang mungkin dapat anda jadikan referensi. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat, dan selamat berkreasi !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *